PPO: Kegiatan Positif Untuk Lingkungan

Senin Desember 18th, 2017 admin

”Mari bersama-sama kita lindungi orangutan dan lingkungannya”

 

“Ayo bersama kita lindungi orangutan dan menjaga lingkungan sejak dini” merupakan salah satu slogan dalam kegiatan Pekan Peduli Orangutan (PPO) yang dilaksanakan oleh Yayasan Orangutan Indonesia (Yayorin), mahasiswa UNTAMA yang tergabung dalam Yayorin Volunteer Program, Siswa-(i) SMA Negeri 1 Pangkalan Bun dan Siswa (i) SMA Negeri 3 Pangkalan Bun dengan dukungan lembaga lainnya. Kegiatan ini dilakukan pada Senin, 20 November 2017 di Halaman SMA Negeri 3 Pangkalan Bun, Kec. Arut Selatan, Kab. Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Apa yang melatari kegiatan ini?

Keberadaan orangutan yang habitatnya terus-menerus menurun setiap tahun serta masih adanya masyarakat yang memburu serta memelihara orangutan merupakan kondisi nyata yang membutuhkan aksi untuk memberitahukan serta menyadarkan masyarakat agar bisa melindungi satwa tersebut.

Nah, perlu teman-teman ketahui pada kegiatan ini di hadiri juga oleh Kepala Sekolah SMAN 3 P.Bun, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Kotawaringin Barat, Orangutan Foundation United Kingdom, Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia Korda Kal-Teng, Kepala Seksi Konservasi Wilayah 2, Yayorin, dan Duta Lingkungan Kab, Kotawaringin Barat.

Kami semua berharap kegiatan pekan peduli orangutan ini akan memberikan dampak besar pada konservasi orangutan dan habitatnya. Dan mudahan pesan ini tidak hanya berhenti disini, namun bisa menyebar hingga ke masyarakat luas di daerah Kotawaringin Barat atau bahkan seluruh Dunia.

Dalam kegiatan ini kami menunjukkan aksi kami untuk turut mensosialisasikan bentuk kepedulian terhadap orangutan dengan pertunjukan Theatherikal, Sambutan, Musikalisasi Puisi, game Rangking 1, Cap tangan  “Save Orangutan”, doorprize dan bahkan pohon harapan.

“Tentunya akan bernilai positif untuk lingkungan sekolah dan lingkungan sekolah. Karena ini akan memberikan wawasan pengetahuan khususnya pelajar siswa siswi di sekolah ini maupun di lingkungan sekitar. Bahwa orangutan merupakan salah satu warisan dunia di Indonesia yang harus dijaga dari kepunahnya.” Ujar Kak Nasibah selaku Ketua FK3I Korda Kal-Teng yang juga turut hadir dalam kegiatan ini. Dan tidak lupa, banyak apresiasi dari pihak pihak lainnya atas terlaksananya kegiatan ini.

“Tentunya kami akan terus mendukung apabila kegiatan ini akan dilaksanakan kembali tahun depan atau kegiatan positif lainnya” lanjut kak Nasibah.

Ingat lah selalu, terus bersama-sama kita menjaga habitat orangutan dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. (WAWAN-SMAN3)