Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN), YAYORIN Lakukan Edukasi Generasi Muda Seruyan Hulu, Kalimantan Tengah

Sabtu Agustus 10th, 2019 admin

SERUYAN HULU – Dalam rangka Hari Konservasi Nasional, Yayasan Orangutan Indonesia (YAYORIN), Orang-Utans in Not e.V, KPHP Seruyan Hulu dan Volunteer dari TRG Conservation  melakukan kunjungan ke sekolah yang berada di Desa Tumbang Manjul Seruyan Hulu (5-7 Agustus 2019). Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi dari SDN 01, SDN 02, SMPN 01 dan SMAN 01 Desa Tumbang Manjul Seruyan Hulu, Kalimantan Tengah.

Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) merupakan salah satu hari peringatan lingkungan hidup yang ditetapkan pada tanggal 10 Agustus. HKAN memiliki tujuan untuk mengkampanyekan pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat. HKAN juga memiliki tujuan untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat dan kaum muda untuk berperan aktif dalam menyelamatkan ekosistem alam.

Kegiatan Edukasi yang dikemas dengan nama Yayorin Goes To School di Seruyan Hulu Kalimantan Tengah ini mengusung tema “Save Our Biodiversity Of Borneo”. Menurut Gusti Wicaksono (YAYORIN) kegiatan ini bertujuan agar generasi muda khususnya di sekolah-sekolah yang dekat dengan hutan agar mengerti betapa pentingnya menjaga dan merawat keanekaragaman hayati yang ada di hutan dan sekitarnya terutama di tempat mereka sendiri.

Kedepannya melalui program Yayorin Goes To School kami berusaha memberikan edukasi dan pemahaman tentang pentingnya hutan, orangutan dan keanekaragaman hayati  bagi kelangsungan hidup manusia di masa mendatang.

Selain materi dan informasi tentang pentingnya konservasi alam dan keanekaragaman hayati yang ada, Yayorin Goes To School juga memberikan permainan dan kelas kreatif dan perpustakaan keliling agar mereka lebih memahami dan mengenal keanekaragaman hayati yang ada di sekitarnya.

Mahkota daun, bertujuan untuk mengenal fungsi pohon dan menganal jenis-jenis pohon di sekitar mereka. Melukis Topi bertema keanekaragaman hayati, bertujuan untuk memperkenalkan keanekaragaman hayati yang ada di sekiar mereka.

Menurut Sugeng Basuki, S.Hut (Penyuluh Kehutanan ahli pertama, UPT KPHP Seruyan Hulu Unit XXI) Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi perdana antara KPHP Seruyan Hulu Unit XXI dan Yayorin. Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh para siswa dan guru, karena kegiatan ini sangat jarang terjadi di sekolah mereka. Semoga kegiatan ini bisa menjadi pemantik bagi para siswa untuk gemar membaca dan sadar akan kepedulian terhadap keanekaragaman hayati yg ada disekitar mereka.


Berikut merupakan foto-foto kegiatan Yayorin Goes To School