Melestarikan Orangutan, Menjaga Hutan, Menjamin Masa Depan – Orangutan Caring Week 2019

Senin Desember 9th, 2019 admin

Pangkalan Bun – Melestarikan Orangutan, Menjaga Hutan, Menjamin Masa Depan merupakan tema yang diangkat dalam memperingati Orangutan Caring Week 2019 yang diadakan oleh Yayasan Orangutan Indonesia, Orang-utans in Not e.V, Dinas Pariwisata Lamandau dan Volunteers Yayorin. Orangutan caring week merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan setiap bulan November, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengingatkan bahwa keberadaan orangutan di alam liar sudah sangat terancam dan harus diberikan perlindungan dengan baik salah satunya adalah  habitat yang aman dan membuat mereka mampu berkembang tanpa dirusak oleh campur tangan manusia.

Dalam rangka memperingati Orangutan Caring Week 2019, kami melakukan serangkaian kegiatan yang diadakan pada tanggal 11-13 November 2019 di beberapa sekolah yang ada di Pangkalan Bun yaitu, SMAN 2 Kumai, SMAN 1 Kumai, SMPN 7 Arut Selatan, dan SMPN 11 Arut selatan serta pada tanggal 16-17 November 2019  di Nangabulik dengan mengundang SMA 1 Bulik, SMKN 1 Bulik, SMA Sematu Jaya dan Saka Pariwisata Lamandau dengan jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan ini yaitu 244 orang siswa/siswi.

Selama kegiatan kami melakukan kampanye yang biasa kami sebut dengan Yayorin Road to School dan Mini Talk Show. Kampanye tentang orangutan merupakan salah satu kegiatan utama yang dilakukan Yayorin yang ditujukan kepada anak-anak muda dan juga para akademisi dimana mereka ini memiliki peran penting dalam menyelamatkan orangutan dan habitatnya, jika generasi sekarang tidak peduli, kemungkinan besar orangutan dan habitatnya akan punah pada generasi mendatang.

Selain kampanye dan talk show kami juga melakukan kegiatan yang menghibur, seru dan juga yang tidak kalah menariknya, seperti photo contest, mini galery, dan orangutan art contest. Dengan adanya kegiatan ini kami berharap mereka dapat mengekspresikan emosi, kepedulian dan pikiran mereka melalui hasil karya mereka.