Kunjungan Edukasi ke Sukadana, Kalimantan Barat

Rabu Desember 20th, 2017 admin

Edukasi (pendidikan) lingkungan sebagai salah satu cara meningkatkan kesadaran dan kepedulian pelajar dan masyarakat umum untuk dapat berpartisipasi bersama-sama merawat dan mengurangi kerusakan Bumi ini.

Yayorin (Yayasan Orangutan Indonesia) bekerja sama dengan Yapeka (Yayasan Pendidikan Konservasi Alam) mengadakan kunjungan edukasi dengan menggunakan Mobil Baca Yayorin ke dua sekolah di dua desa di Kecamatan Kayong Utara, Kabupaten Sukadana, Kalimantan Barat.

Dengan 3 staf dan 3 volunteer Yayorin, Senin, 11 Desember 2017. Di pagi yang cerah (7.00 WIB) Mobil Baca Yayorin dengan mantap melaju menuju Kalimantan Barat. Rute Perjalanan kami adalah Pangkalan Bun – Lamandau – Kudangan – Lintas Kalimantan – Nanga Tayap – Siduk – Sukadana. Usai makan siang di Nanga Tayap, memasuki pertigaan Nanga Tayap, perjalanan berubah menjadi sangat menguras energi dan waktu ketika memasuki Nanga Tayap – Siduk karena jalan yang berlumpur, berlubang, licin dan ditemani hujan deras sehingga mengakibatkan banyak mobil maupun tengki dengan muatannya kepatak di jalan tersebut sehingga kami harus mengurangi kecepatan dan sangat berhati-hati agar bisa sampai dengan selamat.

Jam 19.50 WIB, kami tiba di Kayong Utara dengan selamat. Setelah disambut oleh Jihan Fahira, staf edukasi dari Yapeka, kami segera makan malam, memasuki 2 kamar yang disewa di Penginapan Kapuas Kayong dan 1 staf perempuan menumpang di kamar Jihan, kami beristirahat.

Selasa, 12 Desember 2017, 07.00 WIB, cuaca cerah, semangat baru. Setelah sarapan, kami dengan tetap ditemani oleh Jihan siap menuju SDN. 10 Simpang Hilir, Desa Pemangkat. Perjalanan menghabiskan ±30 menit. Kegiatan dimulai dengan membagi para siswa-siswi menjadi 3 bagian karena terdapat  3 bagian kegiatan yaitu membaca di Mobil Baca, bermain permainan outdoor, dan menonton dan sosialisasi tentang Hutan Rawa Gambut di dalam kelas. Masing-masing bagian mendapat waktu 30 menit, setelah 30 menit akan bergantian dengan bagian lainnya, dan dipandu oleh 3 staf dan 3 volunteer Yayorin. Kegiatan berlangsung dari pukul 08.05 – 10.30 WIB.

Kami beristirahat di salah satu staf lokal Yapeka di Desa Pemangkat. Dan sore nya kami lanjutkan kegiatan dengan membaca bersama anak-anak Desa Pemangkat dan ketika petang datang, kami kembali ke Kayong Utara.

Rabu, 13 Desember 2017, 06.38 WIB, cuaca cerah, semangat baru. Setelah sarapan, kami berangkat ke SDN. 15 Pulau Kumbang. Kali ini kami berangkat lebih awal karena posisi Pulau Kumbang lebih jauh dari Desa Pemangkat. Dan kegiatan yang dilakukan sama seperti kegiatan hari pertama di Desa Pemangkat. Kegiatan dimulai dari pukul 08.05 – 10.10 WIB. Setelah itu kami kembali ke Kayong Utara untuk memperbaiki Mobil Baca Yayorin.

Kamis, 14 Desember 2017, 5.10 WIB, dengan sisa-sisa hujan dari kemarin malam. Kami memulai perjalanan pulang kembali ke Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Kembali bertemu jalan yang licin, berlubang, dan terjal. Dan sampai di Pangkalan Bun pada pukul 19.10 WIB.